Mobil Listrik Miev Made In Estonia

Mobil Listrik Miev
Mobil Listrik Miev
Untuk urusan infrastruktur mobil listrik tampaknya pemerintah Indonesia wajib meniru yang dilakukan negeri kecil Estonia. Pasalnya jika di Indonesia pemerintah baru menawarkan insentif pada kendaraan ramah lingkungan, maka di Estonia kini telah berdiri stasiun pengisian listrik umum (charging station) untuk mobil listrik, yang akan berfungsi layaknya pom bensin bagi mobil konvensional.

Hebatnya lagi, infrastruktur stasiun pengisian listrik umum di Estonia tersebut merupakan yang pertama di dunia. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna tiap stasiun mengaplikasi sistem pengisian baterai cepat Terra 51 DC.

Stasiun pengisian listrik umum yang pertama terdapat di Tallinn Innovation Center, kemudian akan diikuti pembangunan 200 stasiun lagi di beragam lokasi di seluruh negeri. Dari ke 200 stasiun tersebut, 27 unit akan di bangun di Tallinn, 10 di kota Tartu, 4 di Parnu dan 2 di Narva.

Estonia sendiri merupakan negara kecil yang berbatasan laut Baltic. Di negeri berpenduduk 1,3 juta jiwa tersebut penjualan mobil listrik cukup baik berkat insentif pajak dan rencana pemerintah untuk menggiatkan mobil listrik di masa depan. Selain itu, pemerintah Estonia juga membeli sekitar 507 unit Mitsubishi iMiEV sebagai mobil dinas.