Mobil Listrik ITB Made In Indonesia

Mobil Listrik ITB
Mobil Listrik ITB
Tim Desain Produk ITB turut berkontribusi dalam mendesain “Mobil Listrik ITB”. Tim yang beranggotakan Martinus Y. Pasaribu (Ketua), Slamet Riyadi, Andar Bagus, dan beberapa staf maupun alumni Desain Produk ITB ini mendesain mobil ini sejak Maret hingga Mei 2012 lalu. 
Prototype kendaraan Mobil Listrik ini sudah dipamerkan dan diluncurkan oleh Rektor ITB di kampus Ganesa pada 8 Agustus 2012 lalu, dan pada 30 Agustus 2012 ini akan dipamerkan untuk Presiden RI di istana negara bersama dengan mobil-mobil listrik lainnya. Konsep desain mobil yang diberi julukan “Si Jalak” ini bertolak dari hasil riset desain produk dan survei karakter pasar mobil. Misalnya, bentuknya yang berkesan feminim adalah bertolak dari hasil riset pasar mobil di Indonesia yang banyak bergantung pada karakter dan perilaku pengguna perempuan. 
Selain itu riset juga membuktikan bahwa banyak pengguna mobil di Indonesia yang menginginkan fungsi mobil sebagai kendaraan serba-guna. Dari konsep desain yang ada, di atas semuanya, nilai lebih dari desain mobil listrik ini adalah platform mobil yang sengaja dibuat tunggal, namun bisa dirubah menjadi 4 jenis mobil (misal: jenis pick-up, double cabin berkursi 4, hingga sedan). Artinya, pengguna kendaraan diberi keleluasaan untuk bisa membongkar-pasang seluruh bagian utamanya, –sebagaimana mainan “Lego”–mulai dari pintu, atap, hingga dek belakang menjadi jenis kendaraan yang diinginkan.