Mobil Listrik Ivina Made in Indonesia

Mobil Listrik Ivina
Mobil Listrik Ivina
Mobil  listrik adalah salah satu solusi terbaik menghadapi semakin langka dan mahalnya bahan bakar minyak. Selain itu, tenaga listrik juga tidak berdampak buruk kepada lingkungan. Sebagai salah satu bentuk solusi untuk mengurangi polusi udara tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat prototype kendaraan listrik dengan konsep teknologi berbasis listrik.


Prototipe mobil yang dinamakan Electric Bus berwarna merah, serta mobil kijang yang telah dikonversi berbasis listrik sedang menjadi sorotan. Mengusung Lithium Battery (LiFe P04) 320 VDC / 160 Ah, mobil Electric Bus tersebut mampu melaju dengan putaran mesin 5000 rpm dan batas 150 kilometer sekali pengisian baterai.

Mobil ini diharapkan menjadi salah satu solusi cerdik transportasi massal yang ramah lingkungan. Menggunakan 100 buah baterai Lithium, kendaraan yang diklaim ramah lingkungan itu mampu mencapai kecepatan maksimal 100 km/jam. Bahkan bisa dikembangkan menjadi tenaga surya.

Mobil hybrid memang dalam segi irit bahan bakar, terutama jika jalanan macet. Tapi, mobil listrik itu sangat simpel, kalau baterainya mulai habis, kita bisa mengisi baterainya di rumah. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki mobil listrik yakni, dari segi harga jauh lebih murah dibanding mobil hybrid. Terlebih jika mobil listrik ini mendapkan dukungan dari Pemerintah. Keseluruhan bodi mobil dibuat dalam negeri, kecuali perangkat baterainya diadopsi dari luar negeri.

Well,,, Mentri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan bahwa mobil listrik nasional buatan Depok akan di beri Merk “AHMADI”. Seperti halnya TOYOTA merk AHMADI juga diambil dari nama pendiri perusahaan tersebut.

Memang benar Bro,,, nyatanya mobil-mobil terkenal yang laris manis di Indonesia tersebut memang diambil dari pendiri perusahaan tersebut. Seperti Toyota di ambil dari nama Kiciro Toyoda, Suzuki juga di ambil dari nama Michio Suzuki, dan juga Honda diambil dari nama Soichiro Honda... nantinya Mobnas kita juga akan di beri nama “AHMADI” sesuai dengan perancang mobil tersebut Dasep Ahmadi.

Dengan merk Ahmadi tersebut, nantinya simbol yang digunakan berlogo huruf “A”. “Nanti simbol merek mobil listriknya huruf “A” yang menandakan Ahmadi, keren lho, jangan meremehkan, nanti besok-besok orang biasa bilang, kamu naik apa, naik ahmadi,” ucap Pak Dahlan.

Nantinya mobil listrik made in Depok tersebut akan di luncurkan pada tanggal 10 Agustus besok. Tiga mobil listrik bertipe avanza berwarna hijau ,hitam dan putih akan di launching bertepatan dengan hari kebangkitan nasional 10 Agustus 2012 mendatang. Mobil listrik Ahmadi buatan PT Sarimas Ahmadi Pratama, sudah mendapatkan lampu hijau dari Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan. Kabarnya mulai 2013 mendatang, Mobil Listrik Ahmadi akan masuk ke tahap produksi.

Rencananya, mobil listrik ini akan diproduksi dengan kapasitas produksi 2.000 unit hingga 2.500 unit per tahunnya. Saat ini semuanya sedang dalam tahap persiapan dan akan dimulai pada 2013.